Pentingnya Pebisnis Melakukan Pemantauan di Jejaring Sosial

Tidak dapat dipungkiri, jejaring sosial dalam beberapa tahun terakhir tengah naik daun di kalangan pebisnis sebagai media promosi. Bagaimana dengan Anda? Menjadikan jejaring sosial sebagai media promosi yang efektif memang tepat mengingat hampir semua kalangan gemar melakukan aktivitas di jejaring sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, dsb. Bahkan, menurut salah satu sumber menyebutkan kalau hampir 95% menggunakan internet untuk mengakses jejaring sosial. Namun, alangkah baiknya jika tidak sekedar fokus menawarkan promosi, Anda juga disarankan melakukan pemantauan di jejaring sosial dengan memanfaatkan social Media Monitoring agar lebih gampang. Apa pentingnya?

Mengetahui performa merek

Apakah calon konsumen sama sekali tidak tahu dengan merek? Apakah calon konsumen dapat mengingat merek dengan bantuan? Apakah pasar dapat mengingat merek tanpa bantuan? Apakah merek selalu dalam ingatan calon konsumen? Informasi ini penting untuk Anda selaku pencipta merek ketahui. Ketika merek masih belum begitu dikenal  oleh calon konsumen, berarti strategi pemasaran yang Anda lakukan kurang efektif. Anda masih bangun strategi pemasaran yang baru supaya merek dapat selalu diingat oleh calon konsumen. Dengan demikian, Anda dapat mendongkrak omzet penjualan. Melalui pemantauan aktivitas di jejaring sosial, Anda dapat mengetahui bagaimana performa merek pada calon konsumen.

Memahami apa yang tengah dipikirkan target pasar

Setiap pebisnis penting untuk selalu memahami apa yang tengah dipikirkan oleh target pasar. Tujuannya agar selalu dapat memenuhi apa yang target pasar butuhkan & inginkan melalui peluncuran produk. Dengan cara ini, Anda dapat bertahan bahkan berkembang di tengah persaingan bisnis yang semakin sengit. Cara mudah untuk mengetahui informasi ini adalah dengan melakukan monitoring perbincangan di jejaring sosial menggunakan platform analitik Sonar. Sonar patut dipilih karena dapat memiliki algoritma yang cepat dan juga akurat, memantau aktivitas di beragam media online, mampu menjelaskan apa yang sedang viral, dan dipercaya oleh perusahaan besar seperti Bank Indonesia, Pertamina, dsb. Untuk menambah keyakinan Anda, lihat case study Sonar di sini.

Mempelajari strategi kompetitor

Mempelajari strategi yang diterapkan kompetitor penting bagi Anda ketahui. Dengan cara ini, Anda dapat:

  • Memperoleh strategi pemasaran yang bersaing. Mengetahui strategi kompetitor memungkinkan Anda mendapatkan strategi pemasaran yang bersaing. Sebagai contoh, kompetitor menawarkan harga murah, untuk itu Anda bisa memberikan penawaran beli 1 gratis 1, voucher belanja, atau lainnya untuk menarik konsumen.
  • Menjadi dorongan untuk meningkatkan kualitas produk. Jadikan kompetitor sebagai motivasi Anda untuk terus meningkatkan kualitas produk yang ditawarkan sehingga lebih unggul atau setidaknya menyamai kompetitor.

Jejaring sosial tidak hanya sekedar menjadi media pemasaran, tetapi juga digunakan untuk dapat mengetahui performa merek, memahami apa yang tengah dipikirkan oleh target market, sekaligus mempelajari strategi kompetitor yang berguna untuk kemajuan bisnis yang dijalankan. Untuk itu, Anda harus melakukan monitoring berbagai jejaring sosial terutama Instagram, Facebook, dan Twitter karena memiliki pengguna terbanyak. Untuk mempermudah pemantauan, Anda bisa memanfaatkan platform analitik berbayar untuk fitur yang lengkap dan hasil yang lebih cepat & tepat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *